Free Counters

Kamis, 12 Juli 2012

GoPro Bogor akan mengadakan event teawalk dengan detail:

Tanggal: 17 Agustus 2012 (tenang kita tidak melakukan upacara bendera)
Jam: 06.00 - 14.00 WIB (estimasi waktu)
Lokasi: Gunung Mas - Bogor (puncak)
Biaya Pendaftaran: 60,000.- / Orang (sudah termasuk transport, makan, souvenir & tentu saja pengalaman)

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi admin atau ke Stevani (081310909207).




Alasan dipilihnya lokasi gunung mas

Secara keseluruhan Perkebunan Teh Gunung Mas (PTP Nusantara VIII) merupakan salah satu objek wisata pada suatu daerah tujuan wisata yang memiliki potensi dan keunggulan komparatif  hal-hal yang menguntungkan dimiliki Wisata Agro Gunung Mas sebagai berikut:
  1. Terletak di kawasan Puncak, serta objek lainnya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.
  2. Jarak tempuh yang dapat dijangkau dalam satu hari baik dari jakarta sekitar mempunyai jarak sekitar ± 90 km, dari Kota Bandung, ± 80 km dari Ibukota Jakarta, dari Bogor ± 26 km, dari Sukabumi ± 87 km dan dari Cianjur ± 63 km dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum
  3. Perkebunan Gunung Mas yang berhawa sejuk dengan hamparan teh hijau dengan suasana tenang, merupakan kompensasi masyarakat yang berhawa panas dan sehari-hari bergelut dengan kesibukan pekerjaan.
  4. Memiliki Fasilitas menunjang kepariwisataan yang cukup lengkap antara lain: tempat menginap, ruang pertemuan, sarana olahraga untuk berbagai tingkat usia seperti Tea walk, sepeda gunung, kuda santai, tenis, kolam rekreasi, bola volley, hingga olahraga yang cukup menantang seperti gantolle dan paralayang. 

Beberapa kegiatan wisata yang bisa dan dapat dilaksanakan di Wisata Agro Gunung Mas antara lain :
  1. Tea Walk atau jalan santai di hamparan sejuk kebun teh, merupakan kegiatan favorit pengunjung dan andalan kegiatan wisata  bagi Wisata Agro Gunung Mas.
  2. Melihat proses pembuatan teh di pabrik pengolahan teh hitam CTC (Cutting, Tearing, Cruling) Perkebunan Gunung Mas merupakan kegiatan-kegiatan wisata ilmiah yang sangat menarik dan jarang didapat di tempat lain adapun proses dalam pengolahan teh hitam antara lain :
v     Penerimaan pucuk segar, tujuannya untuk mengetahui kuantitas dan kualitas pucuk yang akan diolah, serta menjamin dan memastikan bahwa pucuk teh bisa dilayukan sehingga siap untuk digiling.
v     Pembeberan, bertujuan untuk memecahkan gumpalan pucuk teh untuk memudahkan sirkulasi udara.
v     Pelayuan, bertujuan untuk mengurangi kadar air pucuk segar sehingga didapatkan kadar air 68% - 74% dan memudahkan dalam proses penggilingan serta fermentasi.
v     Penggilingan dan Fermentasi, bertujuan untuk menghancurkan pucuk teh layu menjadi partikel-partikel kecil, menjadikan teh tersebut mempunyai cita rasa yang diinginkan dalam kondisi yang terkendali, sehingga diperoleh hasil standar dan bebas kontaminasi.
v     Pengeringan, bertujuan  untuk menghentikan proses oksidasi enzimatis dan memisahkan jenis teh agar dapat tahan disimpan lama.
v     Sortasi, bertujuan untuk memisahkan jenis teh yang dihasilkan bersadarkan: bentuk warna, ukuran partikel, berat jenis dan kandungan serta atau tulang.
v     Pengepakan, bertujuan melindungi produk dari kerusakan memindahkan transportasi, penyimpanan, kemasan dalam jumlah tertentu dan pemasaran. Pengepakan akhir proses pekerja di pabrik sebelum barang tersebut dikirim ke pembeli.

sumber: http://fieluphly.multiply.com/journal?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar